BP Batam Mulai Terapkan Sistem Tiket Online dan Cashless Payment di Pelabuhan Domestik

    BP Batam Mulai Terapkan Sistem Tiket Online dan Cashless Payment di Pelabuhan Domestik

    Batam - BP Batam melalui Badan Usaha Pelabuhan (BUP) mulai menerapkan sistem e-ticketing dan cashless payment di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Pelabuhan Telaga Punggur, Selasa (14/11/2023).

    Penerapan sistem e-ticketing dan cashless payment di pelabuhan ini, sejalan dengan komitmen dari Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.

    Direktur BUP BP Batam, Dendi Gustinandar mengatakan, sebelum diterapkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan uji coba pada 8-12 November 2023. Sosialisasi dan uji coba tersebut telah berjalan sukses. Sehingga, e-ticketing mulai diterapkan secara bertahap.

    Para calon penumpang sudah bisa memesan tiket secara elektronik melalui website easybook.com atau aplikasi easybook yang disediakan oleh perusahaan provider PT Easybook Teknologi. Easybook merupakan aplikasi pemesanan tiket untuk calon penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang.

    Selain Easybook, para calon penumpang juga dapat memesan tiket elektronik melalui website tiketbatam.mkpmobile.com. 

    Website yang disediakan oleh perusahaan provider PT Mitra Kasih Perkasa tersebut, dapat melayani pemesanan tiket keberangkatan melalui Pelabuhan Domestik Sekupang maupun Pelabuhan Telaga Punggur.

    "Jadi kedua perusahaan provider tersebut, telah menjalani kerjasama dengan agen kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur, " ujarnya, Selasa (14/11/2023).

    Ia menjelaskan, ada 18 operator kapal yang telah berkomitmen untuk melayani pembelian tiket secara online. Terdiri dari 11 operator kapal yang melayani perjalanan melalui Pelabuhan Domestik Sekupang dan 7 operator kapal di Pelabuhan Telaga Punggur.

    "Jadi tepat pada hari ini, kami akan melakukan soft launching penerapan e-ticketing di Pelabuhan Domestik Batam. Meski e-ticketing sudah mulai diberlakukan, pembelian secara offline masih tetap dilayani di loket-loket pelabuhan, " katamya.

    Sejalan dengan penerapan e-ticketing, Pelabuhan Domestik Batam juga mulai menerapkan cashless payment di Pelabuhan Batam. 

    Para calon penumpang dapat melakukan pembayaran tiket secara non tunai dengan berbagai pilihan. Mulai dari pembayaran melalui QRIS, kartu debit, kartu kredit, transfer bank, Kredivo, Ovo, Go-Pay, Dana.

    Tidak hanya itu, kedepannya BP Batam juga akan menyediakan mesin self ticketing yang tersedia di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur.

    Dendi berharap dengan adanya penerapan e-ticketing dan pembayaran non tunai ini, proses perjalanan penumpang kapal di Pelabuhan Domestik Sekupang dan Telaga Punggur akan menjadi lebih efisien dan transparan. Sehingga akan meningkatkan pengalaman penumpang dalam menggunakan layanan transportasi laut di Kota Batam.

    “Penerapan tiket online ini, tentunya akan memberikan kemudahan bagi penumpang yang akan memesan tiket kapal. Hal ini juga menandai penerapan digitalisasi layanan di sektor Pelabuhan Penumpang, ” imbuhnya.

    Batam, 14 November 2023
     
    Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam
     
    Ariastuty Sirait
     
    Website: bpbatam.go.id
    Email: humas@bpbatam.go.id
    Twitter: @bp_batam
    Facebook: BIFZA
    Instagram: BPBatam
    Youtube: BPBatam.

    batam
    Zulfahmi

    Zulfahmi

    Artikel Sebelumnya

    Batam Masih Dominasi Sumbangsih Investasi...

    Artikel Berikutnya

    Ajang Promosi Wisata Edukasi Taman Rusa,...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Resmikan Pataka Dipta Prakasha, Irwasum Polri: Resapi dan Jadikan Pedoman Agar Hasil Kerja Bermanfaat bagi Masyarakat
    Menyambut Akhir Tahun 2024 Di Harris Resort Waterfrom Batam
    Polri dan RCMP Perkuat Kerja Sama, Tingkatkan Kapasitas Lawan Kejahatan Transnasional

    Ikuti Kami